Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu Jogja

warung soto dan sate sapi pak bayu
Sate Sultan atau Sugih ya?

Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu mungkin merupakan persatean paling ramai di utara Yogyakarta. Selama ini orang berduyun-duyun ke selatan Jogja untuk antri sate klathak. Sejak ada Pak Bayu, masyarakat dan wisatawan lebih memilih tetap di utara. Meskipun perbandingannnya tidak apple to apple karena klathak menggunakan daging kambing.

Letak dan Jam Buka Warung Soto dan Sate Sapi Pak Bayu

Warung Soto dan Sate Sapi Pak Bayu
Letak warungnya ada yang dekat parkiran, ada pula yang di dalam.

Warung Pak Bayu sebenarnya ada 2. Kami tidak hafal alamat persisnya, tapi kami menyebutnya Pak Bayu lama dan Pak Bayu baru. Pak Bayu lama ada di Jl Kaliurang Km 10 atau daerah Gentan. Sedangkan Pak Bayu baru ada di km 9, yaitu daerah Palgading. Ancar-ancarnya, dari Tengkleng Gajah (langganan kami juga untuk kambing) ke utara sedikit. Pastikan posisi yang benar jika janjian dengan teman karena kami pernah janjian rame-rame tapi yang separuh datang ke km 9, yang separuh lagi ke km 10. Jadinya chaos.

Baca juga: Tengkleng Gajah, No.1 Di Dunia

Sebenarnya keduanya sama-sama luas, hanya saja  tempat Pak Bayu lama lebih terbuka sehingga kami tidak repot parkir mobil. Di Pak Bayu lama juga luas tapi letaknya berpencar-pencar. 

Selain itu, waspadai jam bukanya karena hari Senin tutup. Sedangkan hari lain buka jam 09.00 - 21.00. Mereka memilih libur hari Senin karena tiap weekend di Jogja itu ramai banget, rezeki berlimpah, sehingga sayang kalau sampai libur.

Pelayanan dan Fasilitas Warung Soto dan Sate Sapi Pak Bayu

Asyik, kan?
Sop sapi.

Kalau teman-teman datang ke sini, yang pertama dilakukan adalah pesan makanan di kasir. Teman-teman akan diberi nomor meja berupa kipas yang gede dengan tulisan angka yang mencolok. Setelah itu, teman-teman bebas memilih tempat duduk. 

Kalau pelayan tidak tahu meja yang dipilih bagaimana? Nah, ajaibnya di sini tuh, baru sebentar duduk, minuman langsung datang. Berasa dikuntit wkwkwk. Padahal pesanan kami macam-macam. Tak lama kemudian, pesanan makanan juga menyusul. Jadi tidak menunggu satu jam, apalagi sampai dua jam.

Kabarnya kalau siang, ada gerobak sapi ride dan jeep tour dan kereta mini. Asyik, kan? Jadi sapi di sini diberdayakan dari tenaga sampai dagingnya. Tapi kami selalu ke sini malam, sehingga tidak punya foto gerobak sapinya.

Menu Warung Soto dan Sate Sapi Pak Bayu

Sebenarnya menu di Pak Bayu itu cukup banyak dan murah-murah semua. Sayangnya, cepat habis juga. Terakhir ke sana, kami sudah kemalaman karena bertepatan dengan buka puasa Ramadhan dan kami menunggu sholat maghrib dulu di rumah, baru berangkat. Alhamdulillah kami tetap puas.

Berikut menu pesanan kami:

  1. Sop iga Rp29.000.
  2. Sate sultan Rp29.000.
  3. Sate sugih Rp26.000. Sugih artinya kaya.
  4. Sate jowo Rp18.000.
  5. Nasi putih Rp4.000.
  6. Teh tawar panas Rp2.000.
  7. Wedang uwuh Rp7.000.
  8. Es teh tawar Rp2.000.
  9. Es lidah buaya Rp7.000.

Harga sudah termasuk pajak.

Tips dari kami, usahakan datang di hari kerja, kecuali Jumat. Jika datang di weekend, jangan kemalamam karena sudah banyak yang habis.

Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu Jogja
Jl. Yudistiro No. 2, Palgading, Ngaglik, Sinduharjo, Yogyakarta

Post a Comment

0 Comments